Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman

Kami menyambut dengan hangat para pengunjung situs resmi Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Ahmad Dahlan Probolinggo. Semoga kehadiran situs ini dapat membantu pengunjung untuk lebih mengenal Prodi S1 PGMI FITK IAD Probolinggo. Kami juga berharap informasi yang disampaikan di sini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya.

Terkait dengan Program Studi S1 PGMI FITK Institut Ahmad Dahlan Probolinggo, kami ingin menyampaikan bahwa program kami telah meraih akreditasi Baik dari LAMDIK NO. 690/SK/LAMDIK/Ak-PNB/S/VI/2024 berlaku sampai 11 Desember 2027 sebuah pencapaian yang terus kami upayakan untuk ditingkatkan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAD Probolinggo. Program studi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat akan tenaga pendidik, peneliti, praktisi, dan/atau edupreneur yang unggul di bidang pendidikan dasar. Selaras dengan nilai-nilai luhur IAD Probolinggo, Program Studi PGMI memiliki visi, misi dan tujuan untuk mencetak guru-guru yang tidak hanya mahir dalam mengajar mata pelajaran umum, tetapi juga mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Kami berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dengan didukung oleh dosen-dosen yang kompeten, kurikulum yang relevan, serta fasilitas yang memadai. Tetapi juga sumber daya manusia yang memiliki karakter berpikir adaptif terhadap perubahan, baik di tingkat nasional maupun global.

Dengan berbagai upaya ini, kami berharap kepercayaan masyarakat terhadap Prodi S1 PGMI terus meningkat. Dan masih banyak informasi lain yang belum kami sampaikan, dan semuanya dapat anda temukan di dalam situs ini. Selamat menjelajah!

 

Terima kasih,

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Ketua Prodi PGMI FITK IAD Probolinggo

 

Nur Khosiah, S.Pd.I, M.Pd.

Visi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah “Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam menghasilkan tenaga pendidik tingkat dasar yang profesional dan berkepribadian islami di tingkat Nasional pada tahun 2030.” 

Misi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat yang bermutu, berwawasan global, regional dan religius dalam rangka pembentukan tenaga pendidik/guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang unggul
  2. Meningkatkan pembelajaran yang berbasis penguatan kompetensi bidang pedagogik, personal dan sosial.
  3. Melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi kekinian, proses pendidikan dan pengajaran yang mengedepankan nilai-nilai inovatif serta berwawasan keislaman.
  4. Mengembangkan penelitian yang mutakhir, inovatif, kreatif dan profesional di bidang pendidikan dasar.
  5. Menumbuhkembangkan kreativitas kewirausahaan yang mampu memimpin dan menggerakkan kehidupan masyarakat sebagai diversifikasi luaran pendidikan dan pengajaran yang berbasis keilmuan kolaboratif.
  6. Menjaga nilai-nilai budaya dan keberagaman melalui kesenian dan keterampilan.
  7. Menginternalisasikan nilai-nilai Islami pada setiap pelaksanaan pendidikan dengan pola keteladanan, pembiasaan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap sivitas akademika
  8. Menjalin kerjasama dengan institusi lain dalam pelaksanaan pendidikan dan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Pendidikan Tinggi yang memiliki keunggulan dan daya saing

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah salah satu program pendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan calon guru yang akan mengajar di madrasah ibtidaiyah (setara dengan sekolah dasar). Sejarah PGMI berawal dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah, khususnya di tingkat ibtidaiyah, yang merupakan jenjang pendidikan dasar dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Prodi PGMI didirikan pada tahun 2019 berdasarkan SK No. 692/KPT/I/2019 dan Badan akreditasi perguruan tinggi Nasionall Nomor: 27/SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019 kemudian dilaksanakan Akreditasi LAMDIK NO. 690/SK/LAMDIK/Ak-PNB/S/VI/2024 dan berlaku sampai 11 Desember 2027 yang saat ini dalam naungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Ahmad Dahlan Probolinggo. Program Studi PGMI terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan zaman, termasuk dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam pendidikan dan pengajaran. Saat ini, PGMI menjadi salah satu program studi yang penting dalam mencetak guru-guru madrasah ibtidaiyah atau guru-guru sekolah Dasar yang profesional dan berintegritas Selain itu, Prodi PGMI juga memiliki berbagai program yang berfokus pada inovasi di bidang akademik dan non-akademik, sesuai dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan.

  1. Guru Sekolah Dasar
  2. Guru Madrasah Ibtidaiyah
  3. Kepala Madrasah/ pengelolah lembaga pendidikan
  4. Pengembang Kurikulum
  5. Fasilitator Pendidikan
  6. Tutor
  7. Dosen
  8. Konsultan Pendidikan anak
  9. Pegawai Negeri Sipil
  10. Peneliti
  11. Penulis Buku parenting/ Materi Pendidikan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi khusus dalam bidang pendidikan dasar. Dengan kompetensi tersebut lulusan PGMI diharapkan siap menjadi guru yang profesional, berintegritas, dan mampu berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan pendidikan di madrasah ibtidaiyah yakni:

  1. Kompetensi Pedagogik
  • Menguasai konsep, prinsip, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa di tingkat madrasah ibtidaiyah.
  • Menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur, termasuk penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.
  • Menggunakan berbagai strategi dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan minat belajar siswa.
  • Melakukan evaluasi pembelajaran secara komprehensif untuk menilai perkembangan siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
  1. Kompetensi Profesional
  • Menguasai ilmu-ilmu dasar yang diajarkan di madrasah ibtidaiyah, termasuk Matematika, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan sebagainya.
  • Menguasai materi Pendidikan Agama Islam, meliputi Al-Qur’an dan Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab.
  • Mampu mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai keislaman serta mengintegrasikan konsep-konsep Islam dalam pengajaran.
  1. Kompetensi Kepribadian
  • Memiliki sikap profesional, disiplin, jujur, bertanggung jawab, dan dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.
  • Menunjukkan akhlak mulia, kesabaran, dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam proses pendidikan.
  • Menjadi teladan dalam hal akhlak dan etika Islam, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
  1. Kompetensi Sosial
  • Mampu berkomunikasi dengan siswa, rekan sejawat, orang tua siswa, dan masyarakat dengan baik.
  • Mampu berkolaborasi dan bekerja sama dalam tim, baik di lingkungan sekolah maupun dalam komunitas pendidikan yang lebih luas.
  • Memiliki kepekaan sosial dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang beragam.
  1. Kompetensi Spiritual
  • Memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam dan mampu mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mampu membimbing siswa dalam aspek spiritual dan membantu mereka mengembangkan karakter yang sesuai dengan ajaran Islam.
  • Menjadi role model yang konsisten dalam menjalankan ajaran Islam dalam konteks pendidikan dan sosial.
2

Dosen Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Nur Khosiah, S.Pd.I.,M.Pd.

  • SI-STAI Pancawahana Pasuruan–Sarjana Pendidikan Agama Islam (2004)
  • S2- Universitas Negeri Surabaya-Magister Pendidikan (2016)

nurkhosiah944@gmail.com

Yulina Fadilah, M.Pd.

  • S1-Universitas Muhammadiyah Malang- Sarjana Pendidikan (2012)
  • S2-Universitas Negeri Malang-Sarjana pendidikan (2017)

yulinafadilah@gmail.com

Imro Atus Soliha, M.Pd.

  • S1-Universitas Negeri walisongo-Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris (2016)
  • S2-Universitas Negeri Malang – Magister Pendidikan  (2018)

imroatussoliha214@gmail.com

Dr. M.Jadid Khadavi, S.Psi., M.Si

  • S1-Universitas Yudarta Pasuruan-Sarjana Psikologi (2009)
  • S2-Universitas– Magister Sains (2011)
  • S3-UIN Maulana Malik Ibrahim-Doktor Pendidikan Agama Islam (2021) 

jadid.boyz@gmail.com

Faizal Faliyandra, M.Pd.

  • S1-Universitas Abdurrahman Saleh situbondo- Sarjana Pendidikan Guru     Sekolah Dasar (2009)
  • S2-Universitas Pendidikan Ganesha- Bali- Magister Pendidikan (2017)

faisalfaliyandra@gmail.com

Cik Na’imah, S.Ag., M.Pd.I.

  • S1-STIT Muhammadiyah Probolinggo- Sarjana Pendidikan Agama Islam 1993)
  • S2-Universitas Muhammadiyah Surabaya- Magister Pendidikan (2013)